Berbicara tentang batik memang selalu menarik buat kita orang Indonesi, khususnya lagi orang jawa. Batik merupakan karya asli masyarakat Indonesia yang harus selalu dijaga keasliannya, mengingat bahwa manusia-manusia yang memiliki jiwa plagiat itu akan selalu ada. Cinta Indonesia Cinta Batik...Ya itulah slogan yang seharusnya kita pegang kuat, ya itu kalau ngaku orang Indonesia.
Kalau masih ada orang-orang yang menganggap bahwa batik adalah produk kuno dan semacamnya, dan merasa bahwa produk-produk luar negeri yang terbaik, maka sebenarnya orang itu yang pengetahuannya perlu ditambah lagi. Kenapa??? perlu kita ketahui bersama bahwa di luar Negeri tercinta kita Indonesia, produk batik kita begitu dikenali lho.bahkan adakalanya menjadi busana resmi diperayaan-perayaan tertentu. Mantap kan.
Produk batik yang biasa kita ketahui di Negara kita ini ada dua macam: Batik Tulis dan Batik Sablon. Produk batik tulis tentunya lebih mahal dari batik sablon, ini tidak lain karena batik tulis harus penuh dengan ketelitian dan kejelian dalam proses pembuatannya. Faktor lain yang mempengaruhi lebih mahalnya batik tulis dibandingkan batik sablon ialah karena waktu pembuatannya yang lebih lama dari pada pembuatan batik sablon.